Padat Karya Tunai Desa (PKTD)

Pelaksanaan Program Pembanguan Desa di bidang infrastruktur dikerjakan secara swadaya yaitu pekerjanya diambil dari masyarakat setempat. Berkaitan hal tersebut, Pemerintah desa melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD)  yaitu program yang mengutamakan sumber daya lokal, tenaga kerja lokal, dan teknologi lokal desa.

Pemerintah desa Pantai Hambawang melaksanakan program padat Karya Tunai Desa (PKTD) untuk membantu meringankan perekonomian masyarakat desa. Di musim pandemic Virus Corona (covid-19) ini banyak masyarakat desa Pantai Hambawang yang tidak dapat bekerja ke luar daerah karena adanya peraturan PSBB atau pun masyarakat yang pekerjaannya sebagai pedagang, mereka tidak bisa berjualan karena pasar pasar ditutup selama peraturan PSBB tersebut berlaku. Sehubungan itu, sasaran utama dari program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) ini yaitu masyarakat yang terdampak dari covid-19 dan warga desa yang tidak mampu.

Dalam Padat Karya tunai Desa (PKTD) tersebut Bhabinsa dan Bhabinkamtibnas ikut serta mengawasi agar masyarakat pekerja selalu memperhatikan protocol kesehatan unutk menghindari wabah covid-19 dengan menggunakan masker dan berjarak posisi satu sama lain, dis amping itu juga Babinsa dan Bhabinkamtibnas memberikan semangat kerja kepada masyarakat dengan sesekali ikut mengisikan arko dan meratakan hamparan batu.

Dengan adanya program PKTD ini masyarakat sangat berterima kasih sekali kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi, ataupun daerah karena sangat membantu dari masalah pengangguran akibat dampak covid-19 ini. Semoga program ini terus berkelanjutan pada tahun tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *